This blog is dedicated to support friendships and communication between SMA Negeri 3 Tangerang Selatan Indonesia and Castlemaine Secondary College Australia through educational cooperation

Monday, November 23, 2009

Kapan sebaiknya berkunjung ke Australia?



Kunjungan sekolah Indonesia ke Australia hendaknya mempertimbangkan beberapa hal. Pertimbangan ini untuk meningkatkan kualitas hubungan serta supaya terciptanya manfaat hubungan di kedua belah pihak. Sekolah Australia memanfaatkan siswa Indonesia yang berkunjung untuk melatih percakapan bahasa Indonesia sebelum mereka ujian Bahasa Indonesia di Australia. Selain dari pada itu, siswa Indonesia dapat ikut belajar di kelas Australia tanpa harus mengganggu jadwal pelajaran mereka.

Pertama, kunjungan dari Indonesia ke Australia hendaknya mempertimbangkan saat terjadinya pelajaran ( saat term berlangsung). Lazimnya siswa Indonesia melakukan shadowing (membayangi) mitra siswa Australia. Artinya bila siswa Australia belajar sesuatu pelajaran maka siswa Indonesia mengikutinya. Berikut pembagian waktu term di Australia:

Term 1 2 February to 3 April
Term 2 20 April to 26 June (12 June will be a student free day)
Term 3 13 July to 18 September
Term 4 5 October to 18 December

Kedua, kunjungan hendaknya memilih waktu yang iklimnya cocok atau mendekati dengan ketahanan fisik orang Indonesia. Ini berarti pada musim Spring, Autumn, atau Summer. Kunjungan saat musim Winter sangat tidak dianjurkan karena dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan. Pada musim dingin suhu udara berkisar antara 4 derajat hingga 11 derajat. Namun bila kondisi memungkinkan saat inilah bisa melihat turunnya salju. Berikut ini perkiraan musim Australia.

Summer: Desember - February
Autumn: Maret – May
Winter: Juni- Agustus
Spring: September-November

Ketiga, kunjungan hendaknya jangan terjadi di bulan puasa, sebaiknya setelah Lebaran. Lagi-lagi hal ini akan membuat peserta kesulitan untuk berpuasa karena tantangan cuaca dan juga karena hal ini membuat rikuh sekolah yang dikunjungi.

Keempat, sangat tidak dianjurkan untuk berkunjung saat bulan Desember karena sekolah akan mengakhiri term dan akan menghadapi libur panjang Natal dan akhir tahun. Terlebih-lebih sekolah Australia biasanya sedang menyelenggarakan ujian akhir term dan pembuatan laporan.

Maka berdasarkan pertimbangan hal itu, kunjungan sekolah Indonesia ke Australia dianjurkan pada bulan Maret ( cuaca sejuk 13 - 24 derajat) musim Autumn, atau pada bulan Oktober,Spring ( cuaca sejuk 13 – 24 derajat). Untuk setiap tahun mohon mempertimbangkan pergeseran waktu Lebaran. Selamat merencanakan kunjungan! (HS,2009)

No comments:

Post a Comment